Mobil Jarang Dipakai? Cek Nih, Ternyata Oli Ada Umurnya Lho!

Salah satu Komponen yang Vital dalam Mesin menurut Mesin Slot Gacor adalah Oli. Hal ini membuat pemilik Mobil Internal Combustion Engine disarankan untuk mengganti Oli secara berkala agar bisa menjaga Mesin tetap Prima dan Terjaga. Walaupun jarang dipakai, pemilik Mobil tetap harus melakukan penggantian Oil secara teratur dan berkala karena Oli juga memiliki Umur atau masa kadalurwarsanya. Umumnya jika penggunaan sudah mencapai 10.000 Kilometer membuat Oli sudah mengalami degradasi atau penurunan performa dan kondisinya. Selain itu juga Oli memiliki Usia pakai walalupun Mobil tersebut jarang digunakan sekalipun.

“Bila Mobil jarang dipakai tetapi Kilometernya juga jarang bertambah apakah Oli perlu diganti? Tentu saja harus diganti. Karena Oli memiliki Usianya sendiri untuk itu pentingnya mengganti Oli secara teratur.” Ucap Hyundai Indonesia. Begitu Oli dituangkan kepada mesin, maka Usia maksimalnya adalah Satu Tahun. Meski Kendaraan Mobil tidak digunakan, Oli yang sudah masuk kedalam mesin tentunya akan mengalami degradasi dan kemampuan pelumasannya akan berkurang walaupun jarang dipakai.

“Meskipun Oli memiliki maskimal umur satu tahun, PT Hyundai Indonesia menyarakan untuk pengguna Mobil segera mengganti Oli sesudah 6 Bulan saat penggantian Oli agar mencegah kerusakan dalam mesin yang berlebih.” Lanjut Hyundai Indonesia. Di sisi lainnya, kita juga bisa cek kondisi Oli Mobil yang sudah kadaluwarsa atau basi lewat Dip Stick yang terdapat dalam Mesin Mobil. Dan ada beberapa ciri ciri Oli mesin mobil yang sudah basi. Contohnya seperti :

  • Warna Oli Mesin yang sudah berubah dan menjadi lebih Gelap dan Kehitaman
  • Konsistensi Oli Mesin juga berubah yang awalnya dari kental menjadi lebih encer. Oli Basi juga kerap memiliki bau yang tidak sedap. Ini diakibatkan dari kandungan partikel kotoran yang sudah teroksidasi

“Oli Mesin yang Basi dapat memengaruhi Performa dari keseluruhan Mesin Mobil, sehingga ini membuat dapat meningkatkan tingkat kebisingan yang ada di Mesin Mobil. Hal ini bisa terjadi karena adanya gesekan yang berlebihan pada bagian Mesin Mobil akibat Oli Mesin yang tidak bekerja dan berfungsi secara Optimal. Oli Mesin yang Basi tentu dapat mempengaruhi Performa Mesin Mobil dan meningkatkan konsumsi Bahan Bakar. Ini dikarenakan Mesin Mobil bekerja lebih keras dan tidak optimal dikarenakan Oli yang sudah Basi.” Ujar Dokter Mobil.

Jadi untuk kalian pengguna Mobil ada baiknya rawat Mobil kalian dari Pertama Kali dibeli sampai bertahun tahun penggunannya. Agar Mesin Mobil bisa lebih Optimal lagi, kalian bisa mengganti Oli selama 3 Bulan sekali agar tidak membuat Oli bisa mempengaruhi Mesin Mobil di bagian lainnya. 6 Bulan adalah waktu yang Optimal juga tetapi bisa saja sudah Oli tersebut mempengaruki kinerja dari Mobil itu sendiri dan maka dari itu, 3 Bulan sekali untuk mengganti Oli adalah waktu yang optimal untuk pengguna Mobil walaupun Kendaraan kalian jarang digunakan.

Jika Oli kalian sudah jarang diganti, pastinya tinggal menunggu waktu saja jika bagian Mesin lainnya akan terkena membuat Mesin Mobil tidak bekerja secara Optimal yang bisa memberikan efek seperti Boros BBM, Performa Menurun dan sebagainya. Jika sudah mengalami hal tersebut maka cepat cepat dibawa ke Bengkel Resmi untuk mengganti Oli dan perbaiki Mesin yang rusak akibat Oli karena tentunya sudah menyebar dan mengganti Oli saja tidaklah cukup untuk Mobil yang sudah mengalami penururan performa.